What it’s valentine?


14 februari 2014
By: sigit irawantoro

Valentine bodoh! Valentine bodoh! Valentin bodoh!
Ya benar saya rasa begitu, katanya hari kasih sayang, apa coba sebut lagi? Hari kasih sayang, ah seperti kau tak punya kasih sayang saja yang merayakanya setiap satu tahun sekali sungguh memprihatinkan, apakah kasih sayang selalu dan harus dari kekasih? Saya memilih tidak merayakanya, dan saya tak akan merayakanya, lebih baik saya merayakan hari ibu, hari HIV sedunia, hari buruh, dan hari pendidikan. Itu lebih bermanfaat menurut saya.!
Atau anda tak merayakanya karena anda sedang sendiri tanpa kekasih, tenang! Itu tak masalah dan baca juga kesendirian tak selalu mamatikan

Hari Valentine atau disebut juga Hari Kasih Sayang, pada tanggal 14 Februari sebuah hari di mana para kekasih yang mengumbar cintanya dan mereka yang sedang jatuh cinta menyatakan cintanya tapi sayangnya cinta itu cenderung kepada kekasih -,-
Sebenarnya hari itu sebagai sebuah hari raya Katolik Roma didiskusikan di artikel ‘Santo Valentinus’ Beberapa pembaca mungkin ingin membaca entri Valentinius pula. Hari raya ini tidak mungkin diasosiasikan dengan cinta yang romantis bukan, Pertengahan ketika konsep -konsep macam ini mulai muncul.

Hari raya ini sekarang terutama diasosiasikan dengan para pencinta yang saling bertukaran notisi-notisi ‘bodoh’ dalam bentuk “valentines”. Simbol modern Valentine antara lain termasuk sebuah kartu berbentuk hati dan gambar sebuah Cupido bersayap. Mulai abad ke-19, tradisi penulisan notisi pernyataan cinta mengawali produksi kartu ucapan secara massal. The Greeting Card Association (Asosiasi Kartu Ucapan AS) memperkirakan
bahwa di seluruh dunia sekitar satu miliar kartu valentine
dikirimkan per tahun.
Hal ini membuat hari raya ini
merupakan hari raya terbesar kedua setelah Natal di mana kartu-kartu ucapan dikirimkan. Asosiasi yang sama ini juga memperkirakan bahwa para wanitalah yang membeli kurang lebih 85% dari semua kartu valentine.

Sebuah kencan pada hari Valentine seringkali dianggap
bahwa pasangan yang sedang kencan terlibat dalam
sebuah relasi serius, dan romantis, ahh masa bodoh.
Dan kalian para umat islam haram merayakan, hari itu yang tak tertera pada kalender manapun. Kecuali di barat sana.

β€œDan jika kamu menuruti kebanyakan orang-orang
di muka bumi ini, nescaya mereka akan
menyesatkanmu dari jalan Allah. Mereka tidak lain
hanyalah mengikuti prasangka belaka, dan mereka
tidak lain hanyalah berdusta (terhadap
Allah) .” (Surah Al-An’am : 116)

Apakah teman-teman masih akan merayakanya para umat islam, saya bersaran JANGAN! Tp itu hak kalaian. Kalau menurut saya, lebih baik uang untuk beli coklat dan kartu ucapan, di belikan benda yang lebih bermanfaat πŸ˜€ sok bijak.!

Sejarah
Perayaan Kesuburan bulan Februari
Asosiasi pertengahan bulan Februari dengan cinta dan
kesuburan sudah ada sejak dahulukala. Menurut tarikh
kalender Athena kuno, periode antara pertengahan
Januari dengan pertengahan Februari adalah bulan
Gamelion, yang dipersembahkan kepada pernikahan suci
Dewa Zeus dan Hera.
Di Roma kuno, 15 Februari adalah hari raya Lupercalia,
sebuah perayaan Lupercus, dewa kesuburan, yang
dilambangkan setengah TELANJANG dan berpakaian kulit kambing.! Sebagai bagian dari ritual penyucian, para
pendeta Lupercus meyembahkan korban kambing kepada sang dewa dan kemudian setelah minum anggur, mereka akan lari-lari di jejalanan kota Roma sembari membawa potongan-potongan kulit domba dan menyentuh siapa pun yang mereka jumpai. Terutama wanita-wanita muda akan maju secara sukarela karena percaya bahwa dengan itu mereka akan dikarunia kesuburan dan bisa melahirkan dengan mudah.

Di Indonesia, budaya bertukaran surat ucapan antar
kekasih juga mulai muncul. Budaya ini menjadi budaya
populer di kalangan anak muda. Ah aku bukan anak muda! Bentuk perayaannya bermacam-macam juga, mulai dari saling berbagi kasih dengan pasangan, orang tua, orang-orang yang kurang beruntung secara materi, dan mengunjungi panti asuhan di mana
mereka sangat membutuhkan kasih sayang dari sesama
manusia. tetapi di saat ini cenderung HANYA kepada kekasih 😦
Pertokoan dan media (stasiun TV, radio, dan
majalah remaja) terutama di kota-kota besar di Indonesia marak mengadakan acara-acara yang berkaitan dengan
valentine.

Dari mana valentine itu?
Berasal dari nama “Valentinius”
Guru ilmu Gnostisisme yang berpengaruh Valentinius,
adalah seorang calon uskup Roma pada tahun 143. Dalam ajarannya, tempat tidur pelaminan memiliki tempat yang utama dalam versi Cinta Kasih Kristianinya. Penekanannya ini jauh berbeda dengan konsep… dalam agama Kristen yang umum. Stephan A. Hoeller, seorang pakar, menyatakan pendapatnya tentang Valentinius mengenai hal ini: “Selain sakramen permandian, penguatan, ekaristi, imamat dan perminyakan, aliran gnosis Valentinius juga secara prominen menekankan dua sakramen agung dan misterius yang dipanggil “penebusan dosa” (apolytrosis)
dan “tempat pelaminan”

Itulah seputar tentang valentine teman.
“Lebih baik diam sejenak daripada, melangkah tak pasti”
Baca juga:
membusuk terkapar
seperti apa anda mengukir sejarah?
pentingnya ke-PD-an πŸ˜€
cara hidup bahagia iyalah tidak cepat lupa, tetapi cepat melupakan 2
cara hidup bahagia iyalah tidak cepat lupa tetapi cepat melupakan 1

Jika bermanfaat di share ya teman-teman.
Staycun terus yo bro salam hormat.
Sigit irawantoro πŸ™‚

Posted from WordPress for day good day.

19 thoughts on “What it’s valentine?

  1. […] Aku membalutkan kata ini di telingamu dan kau rasakan di hatimu. Aku tak bisa mendayungkan kata bijak yang selalu orang lontarkan dalam sepimu. Aku ingin ungkapkan ini, ungkapan yang telah aku kubur selama ini, yang selalu memberontak ingin keluar dan masuk ke dalam otak dan pikiranmu. Aku bukanlah peti mati yang mengurungmu saat kau mati. Aku hanyalah kasur empuk yang selalu mengantarkan kau ke alam mimpi indahmu di setiap malam-malammu. “Aku mencintaimu” aku tak punya alasan untuk itu. Karena cinta aku tak bisa berkata, karna cinta tak butuh alasan untuk memilih. Kenapa kau yang aku cinta. Aku akan menemanimu, menemani di mimpi-mimpimu itu dan menggandeng tanganmu seperti ibu mengandeng tanganku di saat aku masih sibuk bermain. Aku ini hanya tak ingin galianku hilang di makan cacing. Tapi aku ingin galianku selama ini. Hanya untukmu :* “Aku menciintamu” “Alvinda” Baca juga: membusuk terkapar seperti apa anda mengukir sejarah? pentingnya ke-PD-an cara hidup bahagia iyalah tidak cepat lupa, tetapi cepat melupakan 2 cara hidup bahagia iyalah tidak cepat lupa tetapi cepat melupakan 1 what it’s valentine […]

    Suka

Tinggalkan Balasan

