Suasana yokyakarta ‘abu vulkanik’


16 februari 2014
By: Sigit irawantoro

Yokyakata, kamis 13 februari 2014

Mari membahas tentang yokyakarta atau biasa di sebut ‘jogja’ πŸ˜€
Apakah ada yang belum pernah kesana? Kota yang indah yang membuatku jatuh cinta melihat tatanan kota penuh corat-coret seniman jalanan, dan saya suka πŸ˜€

Foto di bawah adalah foto Tugu jogja

Abu vulkanik dari letusan gunung kelud yang menjangkau Yogyakarta. Peningkatan aktivitas Gunung Kelud mulai terjadi di akhir tahun 2013. Pada 10 Februari 2014, Gunung Kelud dinaikkan statusnya menjadi Siaga dan kemudian Awas pada tanggal 13 Februari pukul 21.15 diumumkan status bahaya tertinggi, Awas (Level IV) sehingga radius 10 km dari puncak harus dikosongkan dari manusia.
Belumsempat pengungsian dilakukan, pada pukul 22.50 telah terjadi letusan tipe ledakan (eksplosif). Erupsi tipe eksplosif seperti pada tahun 1990 (pada tahun 2007 tipenya efusif, yaitu berupa aliran magma) diprediksikan akan terjadi setelah hujan kerikil yang cukup lebat dirasakan warga di wilayah Kecamatan Ngancar, Kediri, Jawa Timur, lokasi tempat gunung berapi yang terkenal aktif ini berada, bahkan hingga kota Pare, Kediri. Wilayah Wates dijadikan tempat tujuan pengungsian warga yang tinggal dalam radius sampai 10 kilometer dari kubah lava menurut rekomendasi dari Pusat Vulkanologi, Mitigasi, dan Bencana Geologi (PVMBG).
Suara ledakan dilaporkan terdengar hingga kota Solo dan Yogyakarta, waktu malam itu, saya sedang menonton film, sambil BBMan dengan teman saya yang berada di daerah karang anyar, dan dia menyatakan abu yang tebal di daerah sana, bahkan Purbalingga Jawa Tengah. Saat hujan abu vulkanik Gunung Kelud melanda wilayah yokyakarta pada pagi hari tanggal 14 Februari 2014 Dampak berupa abu vulkanik pada tanggal 14 Februari 2014 dini hari dilaporkan warga telah mencapai
Kabupaten Ponorogo, bahkan di Yogyakarta hampir seluruh wilayah tertutup abu vulkanik yang cukup pekat melebihi abu vulkanik dari Merapi. Ketebalan abu vulkanik di kawasan Yogyakarta dan Sleman bahkan diperkirakan lebih dari 2 centimeter.
Dampak Debu abu vulkanik juga mengarah
ke arah Barat Jawa, dan dilaporkan sudah mencapai
Kabupaten Ciamis, Bandung dan beberapa daerah lain di
Jawa Barat.
Di daerah Madiun dan Magetan jarak
pandang untuk pengendara kendaraan bermotor atau mobil hanya sekitar 3-5 meter karena turunnya abu vulkanik dari letusan Gunung Kelud tersebut sehingga banyak kendaraan bermotor yang berjalan sangat pelan. Di sisi lain banyak pengguna kendaraan atau warga di sekitar Kota Madiun yang terganggu akibat Erupsi tersebut.
Menyusul adanya letusan intruksi Kemenhub menutup
sementara beberapa bandar udara di Pulau Jawa seperti bandar Udara Internasional Juanda Surabaya, Bandar Udara Abdul Rachman Saleh Malang, Bandar Udara Achmad Yani Semarang, Bandar Udara Adi Sutjipto Yogyakarta, Bandar Udara Adi Sumarmo Surakarta, Bandar Udara Tunggul Wulung Cilacap dan Bandar Udara Husein Sastranegara Bandung. letusan 2014 telah dideteksi oleh PVMBG dan ditanggapi
dengan peningkatan status menjadi Waspada (level II).
Pada tanggal 10 Februari status meningkat menjadi Siaga (Level III), dan persiapan-persiapan mengenai
kebencanaan telah mulai dilakukan. Kawasan seputar 5 km dari titik puncak kawah telah disterilkan dari kegiatan
manusia. Letusan Kelud kali ini paling dahsyat dibanding
letusan sebelumnya pada tahun 1990.

Obyek wisata Gunung Kelud

Gunung Kelud 2012. Kubah lava 2007
tampak di tengah, dengan latar belakang puncak Kelud. Di sebelah kiri adalah bagian dari Puncak Gajahmungkur.
Menuju kawasan puncak Gunung Kelud sejak tahun 2004 hubungan jalan darat telah diperbaiki untuk mempermudah para wisatawan serta penduduk. Gunung Kelud telah menjadi obyek wisata Kabupaten Kediri dengan atraksi utama adalah kubah lava. Di puncak Gajahmungkur dibangun gardu pandang dengan tangga terbuat dari semen. Pada malam akhir pekan, kubah lava diberi penerangan lampu berwarna-warni. Selain itu, telah disediakan pula jalur panjat tebing di puncak Sumbing, pemandian air panas, serta flying fox.
Tindakan Kabupaten Kediri membangun kawasan wisata
ini mendapat protes dari Kabupaten Blitar, yang menganggap wilayah puncak Kelud merupakan wilayahnya sengketa wilayah ini terutama meruncing setelah turunnya Surat Keputusan Gubernur Jawa Timur, yang menyatakan bahwa kawasan puncak Kelud merupakan wilayah Kabupaten Kediri.

Salam hormat selalu teman. Horaaaas πŸ™‚
SIGIT IRAWANTORO
Follow on twitter @sigitirawantoro

Baca juga:
suasana Tulungagung ‘abu vulkanik’
Suasana kota blitar ‘abu vulkanik’
kota surabaya ‘abu vulkanik’
kota pasuruan,bangil ‘abu vulkanik’
Sejarah gunung kelud

Iklan

One thought on “Suasana yokyakarta ‘abu vulkanik’

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s