Beberapa definisi tentang obat


Obat:

Adalah suatu bahan atau paduan bahan-bahan yang di gunakan dalam menetapkan diaxnosa, mencegah, mengurangkan, menyembuhkan, penyakit atau gejala penyakit, luka, atau kelainan badaniah dan rohaniah pada manusia atau hewan, memperelok bagian badan manusia.

Obat jadi:

Adalah obat dalam keadaan murni atau campuran dalam bentuk serbuk, cair, salep, tablet, pil, suppositoria atau bentuk yang mempunyai nama teknis sesuai dengan Farmakope Indonesia atau buku-buku lain yang diciptakan pemerintah.

Obat generik:

Obat dengan nama resmi yang telah di tetapkan dalam Farmakope Indonesia dan INN (International Non+propietary Names) dari WHO(World Health Organization) untuk zat berkhasiat yang di kandungnya. Nama generik ini di tempatkan sebagai judul dari monografi sediaan-sediaan obat yang mengandung nama generik tersebut sebagai zat tunggal (Misal: Amoxicilin, Metformin).

Obat paten:

Adalah obat jadi dengan nama dagang yang terdaftar atas nama pembuatnya atau dikuasakan dan di jual dalam bungkus asli dari pabrik yang memproduksinya.

Obat baru:

Adalah obat yang terdiri atau berisi suatu zat baik sebagai bagian yang berkhasiat maupun yang tidak berkhasiat, misalnya lapisan, pengisi, pelarut, bahan pembantu(vehiculim) atau komponen lain yang belum di kenal, sehingga tidak di ketahui khasiat atau keamanannya.

Obat asli:

Obat asli adalah obat langsung yang di dapat dari bahan-bahan alamiah Indonesia, terolah secara sederhana atas dasar pengalaman dan di gunakan dalam pengobatan tradisional.

Obat tradisional:

Adalah bahan atau ramuan bahan yang berupa bahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan gelenik atau campuran dari bahan-bahan tersebut, secara tradisional, telah di gunakan untuk pengobatan berdasarkan pengalaman. kumpulan obat-obatan herba, tradisional dan alami.

Fitofarmaka:

Sediaan obat bahan alam yang telah di buktikan keamanan dan khasiat secara ilmiah dengan uji praklinik dan uji klinik, bahan baku dan produk jadinya telah di standarisasi.


“Jangan menjadi Silent Reading. berkomentarlah dengan bijak atas tulisan Adlibidtum yang saya persembahkan untuk kalian pembaca setia.”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s